Pengabdian Masyarakat Fisika UB di Jember


Senin, 22 Juli 2019, salah satu Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Fisika Universitas Brawijaya, mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Madrasah Aliyah Baniy Kholiel, Jember.

Pengabdian tersebut berupa workshop dengan judul "Penggunaan Gadget Pintar untuk Proses Belajar Mengajar dalam Smart Class", yang di hadiri oleh seluruh guru-guru Madrasah Aliyah Baniy Kholil.

Kegiatan dimulai jam 9 pagi, diisi dengan pemaparan tentang telah terjadinya pergeseran penggunaan smartphone untuk proses belajar mengajar di sekolah.

Contoh penerapan yang sudah ada, adalah adanya Samsung Smart Learning Class di BSS UB.




Sugeng Rianto dalam presentasinya menuturkan, dengan teknologi smartphone memungkinkan sekolah untuk dapat melakukan praktikum tanpa harus mempunyai lab.

Salah satu metodenya adalah dengan menggunakan aplikasi atau game edukasi berbasis smartphone yang sudah tersedia di internet.

Sedangkan di sisi lain, orang tua umumnya melarang anak-anaknya bermain smartphone, karena anak-anak sendiri lebih sering menggunakan smartphone untuk bermain game yang tidak mendidik.

Sehingga diharapkan dengan kegiatan pengabdian seperti ini, melalui guru, siswa akan lebih menggunakan smartphone untuk belajar, dibanding hanya untuk bermain game.

Dan orang tua tidak perlu cemas lagi ketika putra-putrinya menggunakan smartphone, sebab sudah diarahkan oleh gurunya.

Comments

Polling

Praktikumvirtual.com mengajak pengunjung untuk mengisi polling, untuk mengetahui tingkat kepercayaan orang tua terhadap anaknya menggunakan smartphone.

Polling singkat tersebut dapat diisi pada link berikut ini:
Penggunaan Smartphone pada Anak Usia Sekolah

Praktikumvirtual.com berharap dengan polling ini dapat meningkatkan layanan, dalam menghasilkan produk-produk pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak, guru, sekolah dan orang tua berbasis app dan games.

Popular posts from this blog

Simulator Caliper dengan HTML5

Simulator Rangkaian Listrik Sederhana

Aplikasi Dial Caliper untuk Belajar Membaca Skala Caliper

Belajar Sempoa dengan Digital Abacus Calculator

Praktikum Pengukuran menggunakan Micrometer Scrub

Praktikum Pengukuran Tegangan dengan Simulator Osiloskop

Aplikasi Augmented Reality Sederhana dengan ARCore

Praktikum Virtual Penentuan Asam Basa dengan Aplikasi Litmus Paper

Praktikum Pengukuran Tingkat Asam Basa dengan Aplikasi pH Paper

Penggunaan Aplikasi HP Reveal untuk Belajar Augmented Reality